Jumat, 21 Februari 2020

Mengenal Gangguan Transient Tachypneu of Newborn




Transienttachypneu of newborn adalah masalah pernapasan ringan. Ini mempengaruhi bayi selama jam-jam pertama kehidupan. Sementara artinya itu berumur pendek. Takipnea berarti laju pernapasan cepat. Masalahnya biasanya hilang tanpa perawatan dalam 3 hari atau kurang.

Beberapa bayi baru lahir memiliki pernapasan yang sangat cepat atau sulit dalam beberapa jam pertama kehidupan karena kondisi paru-paru yang disebut transient tachypnea of ​​the newborn (TTN). "Transient" berarti tidak tahan lama - biasanya, kurang dari 24 jam. "Takipnea"  berarti bernapas dengan cepat. Bayi dengan takipnea sementara diawasi dengan ketat di rumah sakit, dan beberapa mungkin memerlukan oksigen tambahan selama beberapa hari. Kebanyakan bayi sembuh total. TTN biasanya tidak memiliki efek abadi pada pertumbuhan atau perkembangan anak.

Apa yang menyebabkan transient tachypneu of newborn?

Sebelum bayi lahir, mereka memiliki cairan di paru-paru mereka. Bayi menyerap kembali sebagian dari cairan itu karena perubahan hormon yang terjadi sebelum kelahiran. Lebih banyak cairan akan diserap kembali saat mereka melewati jalan lahir selama persalinan. Sisa cairan diserap ke dalam paru-paru setelah mereka lahir dan mulai bernapas sendiri. Jika cairannya tidak cukup cepat diserap atau jika mereka memiliki terlalu banyak cairan di paru-paru, mereka tidak dapat menyerap oksigen dengan sangat baik. Bayi dengan masalah ini harus bernafas lebih cepat dan lebih keras untuk mendapatkan oksigen yang cukup ke paru-paru.

Siapa yang berisiko terhadap transient tachypneu of newborn?

Hanya sebagian kecil dari semua bayi yang baru lahir mendapatkan masalah pernapasan ini. Meskipun bayi prematur dapat memilikinya, sebagian besar bayi dengan masalah ini adalah cukup bulan. Bayi yang dilahirkan dengan operasi Cesar (tanpa persalinan) lebih cenderung mengalami kondisi ini. Ini karena tanpa perubahan hormon persalinan cairan di paru-paru masih ada. Bayi harus bekerja untuk menyerap kembali setelah lahir. Bayi dari ibu dengan asma dan diabetes juga lebih mungkin mengalami kondisi ini.

 

Apa saja gejala transient tachypneu of newborn?

Gejala dapat terjadi sedikit berbeda pada setiap anak. Mereka dapat mencakup:
  • Laju pernapasan cepat lebih dari 60 napas per menit
  • Suara mendengus dengan napas
  • Pembakaran lubang hidung
  • Menarik tulang rusuk dengan bernafas

Gejala-gejala masalah pernapasan ini dapat terlihat seperti kondisi kesehatan lainnya. Pastikan anak Anda mengunjungi dokter untuk didiagnosis.

Bagaimana transient tachypneu of newborn didiagnosis?

Penyedia layanan kesehatan bayi Anda mungkin menggunakan rontgen dada untuk membantu mendiagnosis masalahnya. Pada X-ray, paru-paru terlihat bergaris-garis dan terlalu panas. Gejala-gejala masalah pernapasan ini mungkin mirip dengan masalah pernapasan yang lebih serius lainnya. Ini termasuk infeksi paru-paru (pneumonia) atau paru-paru prematur (sindrom gangguan pernapasan). Sering takipnea sementara bayi baru lahir didiagnosis ketika gejala hilang dalam beberapa jam pertama sampai berhari-hari kehidupan.
Sinar-X dada sering digunakan untuk membantu mendiagnosis TTN. Pada X-ray, paru-paru menunjukkan penampilan belang-belang dan tampak terlalu panas. Sinar-X adalah tes diagnostik yang menggunakan sinar energi elektromagnetik yang tidak terlihat untuk menghasilkan gambar jaringan internal, tulang, dan organ ke dalam film. Namun, mungkin sulit untuk mengatakan apakah masalahnya adalah TTN atau jenis masalah pernapasan lainnya, seperti sindrom gangguan pernapasan (juga dikenal sebagai penyakit membran hialin). Seringkali, TTN didiagnosis ketika gejala tiba-tiba sembuh pada hari ketiga kehidupan.

Bagaimana transient tachypneu of newborn dirawat?

Biasanya masalah hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 3 hari. Perawatan akan tergantung pada gejala, usia, dan kesehatan umum anak Anda. Ini juga akan tergantung pada seberapa parah kondisinya. Perawatan mungkin termasuk:

Oksigen tambahan. Oksigen diberikan kepada bayi Anda dengan meletakkan masker di wajah atau prank (kanula) di hidung, atau dengan meletakkan bayi Anda di bawah tudung oksigen.

Tes darah. Tes-tes ini mengukur jumlah oksigen dan karbon dioksida dalam darah bayi Anda. Tes juga dapat dilakukan untuk mencari infeksi.

Tekanan jalan nafas terus menerus. Perawatan ini menggunakan mesin pernapasan mekanis. Mesin mendorong aliran udara terus menerus ke saluran udara bayi Anda untuk membantu menjaga saluran udara kecil di paru-paru tetap terbuka.

Cairan IV (intravena). Bayi Anda mungkin memerlukan ini untuk hidrasi dan nutrisi jika kondisinya tidak hilang dalam beberapa jam pertama. Ini karena bayi yang mengalami kesulitan bernapas tidak dapat makan.

Makan tabung. Bayi Anda mungkin memerlukan ini jika kecepatan napasnya terlalu tinggi selama lebih dari beberapa jam. Ini akan membantu memberi bayi Anda lebih banyak nutrisi tanpa risiko menghirup makanan dari mulut ke paru-paru.Setelah transient tachypneu of newborn hilang, bayi Anda harus cepat sembuh. Ia seharusnya tidak memiliki risiko lebih tinggi untuk masalah pernapasan atau jangka panjang lainnya.

Sumber
https://www.stanfordchildrens.org
https://www.chop.edu
https://kidshealth.org
sumber gambar
https://hellosehat.com


EmoticonEmoticon